Jumat Berkesan: Voucher Makanan, Angin Segar Bagi Para Pedagang Kecil

By Ulfah Choirunisa

04/10/2021

(Rumah Amal Salman, Bandung) - UMKM merupakan salah satu pilar penting perekonomian di Indonesia. Menurut data Kemenko Perekonomian, hingga saat ini, terdapat 64,19 juta dengan komposisi usaha mikro dan kecil mencapai 64,13 atau setara dengan 99,92% dari keseluruhan sektor usaha. Jumlah yang sangat banyak, dan mempunyai pengaruh besar dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Bahkan hingga saat ini, masih banyak UMKM yang terdampak akibat pandemic yang masih terus berlangsung. Berdasarkan data Katadata Insight Center (KIC), mayoritas UMKM (82,9%) merasakan dampak negatif dari pandemi ini dan hanya sebagian kecil (5,9%) yang mengalami pertumbuhan positif. 

Jumat Berkesan merupakan program berbagi setiap hari jumat kepada para jamaah sholat jumat yang diselenggarakan oleh Rumah Amal Salman. Selama pandemi berlangsung, Rumah Amal Salman melakukan inovasi dalam berbagi kepada para jamaah sholat jumat. Tukar voucher makanan adalah solusi hebat dalam mengurangi kontak secara langsung kepada para jamaah. Di sisi lain, voucher makanan juga solusi untuk kembali membangkitkan usaha kecil dan mikro di sekitar Masjid Salman. 

“Jumat berkesan adalah program berbagi makanan gratis untuk para jamaah sholat Jumat dengan cara menukarkan voucher makanan kepada para pedagang yang berada di sekitar Masjid Salman ITB” kata Indah selaku penanggung jawab program Jumat Berkesan pada Jumat (01/10/21)

Sebanyak 300 voucher diberikan kepada jamaah sholat jumat Masjid Salman. Voucher makanan ditukarkan oleh para jamaah kepada para pedagang yang sudah diberikan tanda di sekitar jalan gelap nyawang pada Jumat (01/10/2021).

Melalui tukar voucher makanan, Rumah Amal Salman turut berkontribusi dalam membangkitkan UMKM di Indonesia terutama pedagang kecil. Solusi jitu untuk tetap melakukan kebaikan di tengah pandemic Covid-19.

Bagikan :

Bagikan

Berita Lainnya